SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA TIREMAN KEC. REMBANG KAB. REMBANG. SEMOGA DAPAT MEMBERIKAN INFORMASI YANG BAIK DAN BERGUNA BAGI PENGUNJUNGNYA.  

BANJIR MELANDA DESA TIREMAN

AGUS HARIYADI SHut | 12 Desember 2020 10:51:57 | Berita Lokal | 62 Kali

BANJIR MELANDA DESA TIREMAN

Pada awal musim penghujan tahun 2020, yang jatuh dibulan Desember telah membawa sebuah musibah bagi Desa Tireman yaitu banjir. Yang mana pernah terjadi sebelumnya di tahun 1998.  Dan menurut beberapa informasi banjir tahun ini lebih besar dampaknya.

Banjir terjadi dikarenakan pada saat hari itu terjadi hujan deras yang sangat lama, dan juga kebetulan desa Tireman menjadi muara sungai dari sungai desa-desa yg lain yang ada diatasnya, dan kebetulan juga saat itu sore hari air laut sedang pasang, sehingga yang terjadi adalah derasnya air sungai untuk menuju ke laut tidak mampu diterima, akhirnya air meluas atau melebar kesamping kanan kiri sungai dan banjir tidak terelakkan lagi. Dari data yang kita catat sebanyak 247 rumah terdampak, banyak perabotan rumah yang rusak, hewan ternak banyak yang hilang dan mati. Ketinggian air bahkan ada yang sampai 1,5 meter lebih.

Saat itu juga info Desa Tireman kena musibah banjir tersebar dimana-mana walaupun di beberapa desa lain juga terjadi banjir, menurut info yang kami peroleh desa Tireman menjadi desa yang terdampak paling banyak. Bantuan-bantuan baik Team SAR maupun bantuan logistik terus berdatangan. Para korban banjir bahu membahu, tolong menolong untuk menyelamatkan apapun yang bisa diselematkan.  Malam hari air mulai surut, dikarenakan air laut sudah mulai surut, sehingga air genangan banjir menuju laut.

PMI, Dinsos, Partai, Bakamla, BPBD, dll juga bahu membahu membantu korban banjir, ada yang memberi mie instan, nasi bungkus, dan bantuan logistik lainnya yang sangat dibutuhkan oleh warga terdampak banjir.

Sampai sekitar satu minggu bantuan datang silih berganti dari berbagai pihak. Dan warga juga menyediakan dapur umum untuk menunjang penerimaan bantuan logistik yang untuk dimasak. Pemerintahan Desa juga membentuk posko bantuan, dengan tujuan agar distribusi bantuan bisa tersalurkan kepada yang berhak.

Semoga musibah ini bisa menjadi instropeksi kita bersama, minimal untuk selalu jaga kebersihan, jangan membuang sampah sembarangan dan selelu berdoa agar kita dijauhkan dari musibah. 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung