SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA TIREMAN KEC. REMBANG KAB. REMBANG. SEMOGA DAPAT MEMBERIKAN INFORMASI YANG BAIK DAN BERGUNA BAGI PENGUNJUNGNYA.  

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW TAHUN 2021

AGUS HARIYADI SHut | 19 Oktober 2021 10:51:33 | Berita Lokal | 112 Kali

Tradisi memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW sudah dilakukan umat Islam sejak dulu. Tahun ini, Maulid Nabi jatuh pada hari Selasa, tanggal 19 Oktober 2021. Namun, pemerintah menggeser hari libur Maulid Nabi SAW 2021 menjadi Rabu, 20 Oktober 2021 demi mencegah terjadinya klaster Covid-19. Tujuan memeringati Maulid Nabi SAW adalah dalam rangka menampakkan kegembiran atas kelahiran manusia agung pembawa rahmat alam semesta. Allah SWT berfirman: “Katakanlah: “Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan. (QS.Yunus:58). Salah satu bentuk mengungkapkan kebahagiaan dan rasa syukur itu yakni dengan banyak membaca sholawat. Secara bahasa, sholawat berasal dari kata sholah yang berarti doa atau seruan kepada Allah SWT.   sejarah Maulid Nabi Muhammad SAW 1. Maulid Nabi Digelar Raja Al Mudhaffar Sejarah Maulid Nabi, menurut Imam al-Suyuthi seperti dikutip mui.or.id, tercatat sebagai raja pertama yang memperingati Maulid Nabi SAW atau hari kelahiran Rasulullah SAW dengan perayaan yang meriah luar biasa adalah Raja Al-Mudhaffar Abu Sa`id Kukburi ibn Zainuddin Ali bin Baktakin (l. 549 H. – w.630 H.) Tidak kurang dari 300.000 dinar beliau keluarkan dengan ikhlas untuk bersedekah pada hari peringatan maulid. Intinya menghimpun semangat juang dengan membacakan syi’ir dan karya sastra yang menceritakan kisah kelahiran Rasulullah saw.

Desa Tireman pada tahun 2021 ini memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di pendopo Masjid Al Huda yang terletak di pinggir jalan Pantura. Dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada tahun ini mendatangkan 2 orang penceramah yaitu KH. AHMAD CHAZIM MABRUR dan KH. SYAROFUDDIN ISMAIL QOYYIMAS dan diiringi Qadroh Al Khaidar dari Desa Tlogomojo-Rembang. Alhamdulillah acara berlangsung lancar dengan materi dari kedua penceramah yang bisa membuat jamaah betah untuk duduk mendengarkan isi ceramah sampai berakhirnya kegiatan. 

Semoga dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini bisa lebih mendekatkan diri kita kepada Alloh SWT dan meningkatkan kecintaan kita sebagai umatnya NabiMuhammad SAW atas ajaran-ajaran yang diajarkan kepada kita dan dan kaumnya sebelum kita.

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung