SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA TIREMAN KEC. REMBANG KAB. REMBANG. SEMOGA DAPAT MEMBERIKAN INFORMASI YANG BAIK DAN BERGUNA BAGI PENGUNJUNGNYA.  

PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL DI DESA TIREMAN

AGUS HARIYADI SHut | 26 Oktober 2021 10:07:15 | Berita Lokal | 11 Kali

Setiap 22 Oktober seluruh santri di Indonesia akan memperingati Hari Santri Nasional. Sejak Presiden Joko Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, Hari Santri Nasional selalu dirayakan setiap tahunnya. Pada tahun ini, peringatan Hari Santri Nasional kembali dirayakan.

Setiap tahunnya, Hari Santri Nasional selalu diperingati dengan membawa tema tertentu. Pada 2020, Hari Santri Nasional mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”. Pengangkatan tema tersebut tentu tidak bisa dilepaskan dari awal kemunculan pandemi Covid-19.

Atas dasar hal tersebut, peringatan Hari Santri Nasional 2020 mengangkat beberapa upaya pesantren di Indonesia yang melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19. Dengan mengangkat hal tersebut, Hari Santri Nasional 2020 harapannya mampu membawa pesan bahwa pesantren memiliki kontribusi yang besar dalam upaya penanganan pandemi.

Sementara itu, pada peringatan Hari Santri Nasional 2021, Kementerian Agama RI mengangkat tema “Santri Siaga Jiwa dan Raga”. Dilansir dari kemenag.go.id, tema tersebut memiliki makna bahwa santri di seluruh Indonesia harus selalu siap siaga untuk menyerahkan jiwa dan raga guna membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

“Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri untuk membela tanah air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren,” ujar Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, seperti dilansir dari kemenag.go.id, 22 September 2021.

Didesa Tireman, melalui Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama menyelenggarakan kegiatan Khotmil Qur’an bi al-Nazhor  dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021 yang dihadiri oleh para pemuka agama dan warga masyarakat terutama kawula mudanya yang diharapkan bisa meneruskan perjuangan pendahulu kita untuk juga mempertahankan kaidah keislaman yang menjadi pola kehidupan kita sehari-hari.

Kegiatan di hadiri oleh sekitar 80 orang yang diawali dengan kataman Al Qur’an dilanjutkan tahlil bersama, dan tahun kedepannya harapan Pengurus Ranting NU Desa Tireman bisa menyelenggarakan Peringatan HSN bisa lebih meriah lagi, seperti diadakannya perlombaan-perlombaan yang bertemakan keagamaan.

Semoga di Hari Santri Nasional tahun ini generasi mendatang dengan kondisi dunia yang sudah di era globalisasi ini, tidak terkikis akhlak dan mentalnya sebagai seorang muslim, dan lebih mampu menunjukan kedunia bahwa santri bisa lebih baik.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung