SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA TIREMAN KEC. REMBANG KAB. REMBANG. SEMOGA DAPAT MEMBERIKAN INFORMASI YANG BAIK DAN BERGUNA BAGI PENGUNJUNGNYA.  

Ayo Dukung Pemutakhiran Data Kependudukan Desa Tireman

AGUS HARIYADI SHut | 03 Desember 2021 08:55:53 | Berita Desa | 388 Kali

PEMUTAKHIRAN DATA KEPENDUDUKAN

 

Dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada warga masyarakat, pemerintahan kabupaten Rembang mengadakan kegiatan Pemutakhiran Data Kependudukan. Adapun yang melatarbelakangi kegiatan ini adalah :

  1. Data penduduk yang masih berbeda antara database Kabupaten Rembang dengan Data Kependudukan Bersih (DKB) semester.
  2. Masih banyak penduduk ganda.
  3. Masih banyak penduduk meninggal, namun masih aktif di database kependudukan, sehingga masih sering muncul di data pemilih disetiap kali pemilihan umum.
  4. Data penduduk sudah digunakan lintas sektor untuk pelayanan public berbasik NIK, dalam rangka pelayanan publik. Agar pelayanan publik bisa berjalan lancar dan berkualitas, maka diperlukan database yang valid dan berkualitas.

Pelayanan publik terkendala, masyarakat akan kesullitan mendapatkan pelayanan publik dilintas sektor (BPJS, BANK, DAPODIK, Pajak, dll) karena akses pelayanan saat ini menggunankan NIK (Nomor Induk Kependudukan). Bantuan Sosial tidak valid kepada penerima bantuan, banyak bantuan sosial yang ditarik kembali karena data penerima yang tidak valid, juga kebijakan pembangunan yang tidak tepat sasaran dikarenakan juga data tidak valid.

Dalam mendukung kegiatan Pemerintahan Daerah Kabupaten Rembang, Desa Tireman telah mengadakan Bimtek Pemutakhiran Data Kependudukan dan selanjutnya melaksanakan kunjungan kerumah-rumah warga untuk mendata ulang dalam rangka kegiatan tersebut. Adapun petugas yang akan mendata yang sudah dibekali materi dalam Bimtek adalah perwakilan dari masing-masing RT harapannya dengan adanya petugas warga setempat lebih mengetahui betul kondisi atau keadaan warga yang didatanya. Dari Hasil pertemuan Bimtek tersebut, petugas diberi waktu sampai dengan tanggal 14 Desember 2021 untuk menyelesaikan tugasnya.

Adapun untuk warga masyarakat desa Tireman diharapkan bisa mendukung penuh kegiatan Pemutakhiran Data Kependudukan ini agar nantinya dalam pelayanan yang diberikan oleh Pemerintahan Desa Tireman bisa lebih optimal. Bentuk dukungannya adalah berupa menyiapkan data berupa foto copi KK, KTP, Buku Nikah, Ijazah, dll yang dibutuhkan. Dan memberikan info data yang jujur dan benar. Dan warga yang mau membetulkan data yang mungkin salah, contohnya nama di KK dan KTP berbeda, atau di KTP dan Ijazah berbeda dan sebagainya dapat memanfaatkan program ini dengan baik. Jadi tidak perlu repot mengurus di desa. Karena ada petugas yang akan membantu yang jemput bola ke rumah.

Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan lancar dan dapat dukungan dari warga desa Tireman,sehingga pelayanan bisa lebih maksimal.   

 

 

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung