SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA TIREMAN KEC. REMBANG KAB. REMBANG. SEMOGA DAPAT MEMBERIKAN INFORMASI YANG BAIK DAN BERGUNA BAGI PENGUNJUNGNYA.  

"JOGO TONGGO"

AGUS HARIYADI SHut | 22 Februari 2021 08:53:21 | Berita Lokal | 3 Kali

Program Jogo Tonggo, di canangkan pemerintahan Propinsi Jawa Tengah, selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai 11-25 Januari 2021. Yang baru, adalah pelibatan aparat desa untuk ikut membantu tracing kasus Covid-19.
Gerakkan Jogo Tonggo akan bisa membantu Puskesmas, bisa melakukan sosialisasi bisa melakukan tracing juga bisa berikan informasi tentang vaksin
 
Dengan penambahan konsep Jogo Tonggo, maka penelusuran terhadap pengidap Covid-19 bisa dilakukan maksimal. Selain itu, relawan Jogo Tonggo akan bisa ikut menyosialisasikan program vaksinasi berikut pengawasan melekat di lingkup Rukun Warga (RW).
PPKM tersebut akan didukung sepenuhnya dengan pelibatan TNI/Polri dan stake holder terkait, termasuk Satpol PP dan sosialisasi disemua media sosial.
 
Jogo Tonggo bisa ikut memberikan treatment, dalam artian terhadap isolasi mandiri, mencarikan tempat. Semua bisa terlibat, mulai dari PKK, Dasa Wisma, Karangtaruna dan semua yang peduli.
 

Di Rembang, dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19 , Desa- desa membuat tempat isolasi atau tempat karantina untuk warganya yang pulang kampung ataupun mudik. Selain tempat karantina, kini Desa juga diminta untuk membentuk Satuan Tugas Jogo Tonggo ditingkat Rukun Warga (RW).

Peran masyarakat juga bisa maksimal dalam membantu satgas ini, terutama di ranah pendataan pendatang atau pemudik. Agar antisipasi terhadap masuknya virus covid-19 dari luar Kabupaten melalui para pendatang atau pemudik dapat diminimalisir.

Dalam Satgas Jogo Tonggo, terbagi lagi menjadi 4 sub satgas yang memiliki tugas berbeda-beda. 4 sub Satgas tersebut antara lain satgas kesehatan yang bertugas mendorong, memastikan dan memantau ter-selenggaranya protokol kesehatan, kemudian satgas ekonomi yang bertugas mengupayakan, memastikan dan memantau ketercukupan pangan bagi seluruh warga RW.

Selanjutnya satgas sosial dan keamanan dengan tugas memastikan keamanan, ketenangan dan kenyamanan bagi seluruh warga RW dan yang terakhir satgas hiburan untuk mengurangi kejenuhan, masing-masing warga dapat melaksanakan hiburan mandiri dengan mengedepankan kearifan lokal masing—masing wilayah namun tetap berpedoman pada protokol kesehatan. 

Didesa Tireman kecamatan Rembang Kabupaten Rembang juga telah diresmikan Kampung Siaga Candi & Satgas Jogo Tonggo yang dihadiri oleh Camat Rembang, wakil Danramil dan wakil Kapolsek. Dengan harapan Desa Tireman bisa menjadi contoh desa-desa yang lain untuk mewujudkan desa bebas covid - 19. 

 
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung