SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA TIREMAN KEC. REMBANG KAB. REMBANG. SEMOGA DAPAT MEMBERIKAN INFORMASI YANG BAIK DAN BERGUNA BAGI PENGUNJUNGNYA.  

SYUKURAN BODO KUPAT

AGUS HARIYADI SHut | 08 Mei 2023 20:23:30 | Berita Lokal | 429 Kali

Selesai puasa Ramadhan umat Islam merayakan hari kemenangan atau hari raya Idul Fitri yang jatuh di tanggal 1-2 Syawal. Seperti biasanya umat Muslim terutama di Indonesia merayakannya dengan bersilaturahmi kesanak saudara baik yang didalam kota maupun diluar kota jika memiliki sanak saudara. Begitu indah dan senangnya orang-orang yang sebelumnya pada sibuk dengan rutinitas pekerjaan bisa bertemu dan berkumpul dengan keluarga saling bersalaman, saling maaf memaafkan dan saling cerita. 

Selanjutnya dibeberapa daerah terutama didesa Tireman kota Rembang Syawalan setelah seminggu sangatlah berarti, karena setelah merayakan hari Idul Fitri di tanggal 1 dan 2 syawal bertemu dengan  sanak saudara seminggu kemudian ada kegiatan adat budaya yang dinamakan Bodo Kupat. Acara Bodo Kupat diadakan syukuran pagi hari di masjid Al Huda untuk warga RW. 01 dan di Mushola Sirojul Huda untuk warga RW. 02 dengan membawa 2 buah berkatan berisi lontong/kupat beserta sayur opor yang dikumpulkan jadi 1. Setelah berdoa bersama kemudian warga kembali mengambil bawaan tadi bebas mau ambil yang mana saja dan pulang kembali kerumah masing-masing dan dirumah masing-masing biasanya sudah tersedia menu kupat dan sayur opor untuk hidangan keluarga maupun tamu, dan biasanya juga antar tetangga akan memberikan ke tetangga lain untuk yang tidak membuat hidangan kupat dan sayur opor, mereka berbagi dan saling mendoakan. Indahnya keanekaragaman budaya ini sangat layak untuk terus dilakukan untuk generasi yang akan datang.   

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung