SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA TIREMAN KEC. REMBANG KAB. REMBANG. SEMOGA DAPAT MEMBERIKAN INFORMASI YANG BAIK DAN BERGUNA BAGI PENGUNJUNGNYA.  

kaleman Padi 2024

AGUS HARIYADI SHut | 03 Juni 2024 09:36:12 | Berita Lokal | 71 Kali

TRADISI KALEMAN  DI DESA TIREMAN

TAHUN 2024

 

Dengan memanjatkan Puji syukur kepada Kepada Allah SWT, warga desa Tireman pada tahun ini telah melakukan tradisi leluhur budaya bangsa yaitu Kaleman Padi, pada tanggal 29 Maret 2024. 

Alhamdulillah pada tahun ini warga desa Tireman telah diberikan rejeki melimpah berupa panen padi yang bagus dan melimpah. warga sangat senang dan puas akan hasil panennya pada tahun ini. 

Proses tradisi Kaleman diadakan di 2 lokasi yaitu di punden warga RW. 01 dan (Sumur Omben) dan warga RW. 02 (Sumur Brumbung). setiap warga membawa 2 buah bungkus "ambengan" yang dibawa bersama-sama ke punden dan disana warga berkumpul untuk berdoa memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang dipimpin oleh Mbah Modin. Setelah berdoa bersama "ambengan" yang telah terkumpul akhirnya kembali diambil oleh warga sendiri, namun kemungkinan besar yang diambil bukan "ambengan" yang dibawanya.

Warga berharap dan berdoa semoga panen yang akan datang juga berhasil dengan baik dan melimpah, dan mendapatkan rejeki yang lancar dan diberikan kesehatan selalu.   

 

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung