SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA TIREMAN KEC. REMBANG KAB. REMBANG. SEMOGA DAPAT MEMBERIKAN INFORMASI YANG BAIK DAN BERGUNA BAGI PENGUNJUNGNYA.  

Sedekah Bumi Desa Tireman 2023

AGUS HARIYADI SHut | 08 Juni 2023 10:50:33 | Berita Lokal | 368 Kali

Tradisi Sedekah Bumi terus dilakukan dengan kebiasaan yang sudah ada, Sedekah Bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rejeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.

Tradisi didesa Tireman dilakukan setiap tahunnya. Seperti biasanya sekitar pukul 10.00 WIB melakukan tradisi syukuran yang berlokasi di punden baik di RW.01 maupun Punden RW. 02. dengan membawa bungkusan buat hajatan 2 bungkus. yang di pimpin oleh Modin Desa Tireman. yang bertujuan u tuk memanjatkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT kepada semua warga desa Tireman. 

Untuk tahun ini berbeda waktunya yang mana biasanya bersamaan pada bulan Agustustus sekaligus memperingati pelaksanaan hari kemerdekaan RI. Untuk tahun ini diadakan pada tanggal 5 Juni 2023.

Pada tahun ini sedekah bumi Desa Tireman menyuguhkan Hiburan Rakyat yaitu Ketoprak Wahyu Manggolo, yang mana tempatnya juga pindah yang biasanya berada di wilayah RW. 01, untuk tahun ini berada di RW. 02. Untuk siang hari Ketoprak main mulai pukul 13.00 dan berakhir sekitar pukul 17.00 WIB dan untuk malam hari dimulai pukul 20.00 dan berakhir sekitar pukul 00.30an. 

Antusiasme warga sangat luar biasa, banyak sekali penduduk warga desa Tireman yang menonton juga dari warga desa sebelah. Sebelum di mulai ketoprak saat malam hari, diramaikan dahulu oleh KPAD (Kelompok Perlindungan Anak Desa) yang mana menampilkan Pentas Seni Anak dalam rangka Sedekah Bumi Desa Tireman. Ada Tarian Wonderland indonesia, Candik Ayu, Manuk Dadali, Gerak dan juga lagu dari kelompok bermain Darul Ulum Tireman. Juga menampilkan Dance Waka-waka, dan Dance Kewer-kewer. Senang, ceria dan bahagia terpancar dari kebersamaan mereka saat di panggung dan penonton juga senang merasa terhibur.

Panitia Sedekah Bumi mengucapkan terimakasih atas partisipasi dari semua pihak yang telah membantu baik berupa uang, tenaga atau pikiran, sehingga pelaksanaan sedekah bumi tahun ini berjalan dengan baik dan lancar.      

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung