SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA TIREMAN KEC. REMBANG KAB. REMBANG. SEMOGA DAPAT MEMBERIKAN INFORMASI YANG BAIK DAN BERGUNA BAGI PENGUNJUNGNYA.  

Idul Adha 2023

AGUS HARIYADI SHut | 06 Juli 2023 09:09:52 | Berita Lokal | 240 Kali

Indonesia mayoritas beragama Islam. Pada hari Kamis, 29Juni 2023 diperingati Hari raya Idul Adha atau biasa disebut hari Kurban karena identik dengan penyembelihan hewan kurban dirayakan umat Islam setiap tanggal 10 bulan Dzulhijjah. 

Di Indonesia, Idul Adha biasanya diperingati dengan Sholat Id. Meskipun beberapa kelompok kadang memiliki perbedaan hari dalam menentukan tanggal hari raya, tetapi tidak ada perbedaan tata cara pelaksanaan Sholat Id. Biasanya, Sholat Id dilakukan di Masjid. Tetapi, banyak juga yang melakukannya Mushola, lapangan, bahkan alun-alun. Jika jumlah jamaah banyak, biasanya Sholat Id dilakukan di lapangan atau alun-alun. Meskipun kebanyakan orang mengikuti pemerintah dalam penetapan hari raya ini, banyak juga yang memperingatinya lebih awal ataupun lebih akhir.


Perayaan Idul Adha berawal dari cerita Nabi Ibrahim yang kala itu berkurban hewan hewan peliharaannya yaitu domba, sapi, dan unta dengan jumlah yang banyak. Namum nabi Ibrahim merasa itu belum seberapa, bahkan beliau berjanji pada diri sendiri bahwa beliau akan rela menyembelih anaknya sendiri andai dikaruniai seorang anak. Sumpah ini diucapkan karena istrinya saat itu, Sarah, belum juga memiliki anak meskipun sudah lama menikah dengan Ibrahim. Kemudian Ibrahim diperintah untuk menikahi Siti Hajar. Itulah awal mula sejarah Idul Adha.

Tidak lama setelah menikah dengan Hajar, kemudian beliau dikaruniai anak yang bernama Ismail. Sampai pada suatu malam, nabi Ibrahim bermimpi mendapat perintah dari Allah untuk memenuhi nadzarnya yaitu menyembelih anaknya. Meskipun sempat bingung, akhirnya Ibrahim menaatinya. Ismail yang kala itu berusia 7 tahun pun ikhlas menerimanya. Namun, pisau yang hendak digunakan untuk menyembelih Ismail ternyata tidak cukup kuat untuk menyembelihnya. Maka selamatlah Ismail. Pada beberapa riwayat, disebutkan juga bahwa Allah mengganti Ismail dengan seekor domba hingga akhirnya muncullah perintah kurban pada Idul Adha dengan domba ataupun hewan kurban lain. Karena itu juga Idul Adha sering disebut sebagai hari Qurban atau Kurban karena identik dengan penyembelihan hewan kurban.

Setelah melaksanakan sholat Id, biasanya dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Meskipun ada juga yang menyembelih hewan kurban pada hari berikutnya sampai batas maksimal penyembelihan hewan kurban. Di beberapa daerah, warga mengumpulkan hewan kurbannya di masjid tempat mereka melaksanakan sholat Idul adha. Tetapi banyak juga yang menyembelih di rumah mereka masing-masing. Tak lupa, takbir terus berkumandang dengan merdu dan lantang.

Di Desa Tireman sehabis sholat Idul fitri, ada tradisi melakukan hajat syukuran yang di hadiri warga masyarakat dengan membawa 2 bungkus makanan yang kemudian berdoa bersama-sama yang dipimpin Mbah Modin Ahmad Marzuqi, dengan harapan semua warga desa diberikan kesehatan, rejeki yang banyak dan selamat dunia akherat. Setelah itu adalah pelaksaan penyembelihan hewan kurban yang hari-hari sebelumnya sudah dikoordinir oleh panitia untuk tahap proses pengumpulan hewan kurban dan bagaimana pelaksanaannya.

Untuk pelaksanaan idul kurban, Alhamdulillah setelah melalui masa corona tahun-tahun kemarin, peminat yang ingin berkorban banyak sekali. Panitia Idul kurban mencatat untuk di masjid Al Huda desa Tireman ada 4 ekor sapi dan 10 ekor kambing dan juga ada hewan kurban lainnya di wilayah RT tertentu yang pingin mengadakan sendiri kegiatan idul kurban. Alhamdililah semua berjalan dengan tertib dan lancar baik pada tahap persiapan, pelaksanaan maupun distribusi daging hewan kurban. 

Panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh kepanitiaan dan juga seluruh warga masyarakat yang berkenan membantu dan mensupport kegiatan idul kurban ini. Semoga amal ibadah dan niat baik kita semua di balas baik pula oleh Allah SWT.    

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung