SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA TIREMAN KEC. REMBANG KAB. REMBANG. SEMOGA DAPAT MEMBERIKAN INFORMASI YANG BAIK DAN BERGUNA BAGI PENGUNJUNGNYA.  

FOGGING (PENGASAPAN ) DI DESA TIREMAN

AGUS HARIYADI SHut | 13 Juli 2023 10:42:34 | Berita Lokal | 295 Kali

Fogging atau pengasapan adalah tindakan pengasapan dengan bahan insektisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Namun faktanya tindakan ini hanya membunuh nyamuk dewasa saja tidak untuk larva, telur, ataupun jentik nyamuk, selanjutnya telur, larva atau jentik akan berkembang menjadi nyamuk dewasa.
Fogging memang bisa dilakukan untuk pengendalian penularan DBD, namun harus dibarengi dengan tindakan lain karena tindakan ini hanya efektif pada nyamuk dewasa.

Upaya strategis untuk mengatasi dampak tindakan pengendalian DBD dengan fogging atau pengasapan, mengingat tindakan tersebut tetap dilakukan terutama pada saat ditemukan kasus DBD dan atas rekomendasi hasil penyelidikan epidemiologi (PE).

Melakukan edukasi agar masyarakat tahu bahwa fogging tidak menjadi pilihan pertama dalam pengendalian DBD dan kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) selalu ditingkatkan dengan melibatkan warga secara aktif adalah cara agar kasus DBD bisa di minimalisir.

Di Desa Tireman Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang, terjadi kasus DBD  sebanyak 3 orang dan masuk rumah sakit, yaitu di RT. 02 Rw. 02. Dari Pemerintah Desa mendatangkan team Fogging dari Dinas Kesehatan untuk membantu warga yang terdampak dan sekitarnya.

Fogging dilakukan 2 tahap yaitu pada tanggal 5 Juli 2023 dan tanggal 12 Juli 2023. Team Fogging terdiri dari 4 orang dan didampingi oleh Ketua RT dan Perangkat Desa. 

Warga sangat antusias untuk kegiatan Fogging ini, mereka banyak yang meminta agar rumahnya di asapi agar bisa terhindar dari nyamuk DB. Warga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan tersebut. Semoga kasus DBD yang ada tidak terjadi lagi. Dan semoga warga lebih semangat dalam melakukan PSN dan kerjabakti dilingkungan sekitar.  

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung